Pratiwi, Ismah (2017) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 7133141041 COVER.PDF - Published Version
Download (125kB) | Preview
2.NIM. 7133141041 APPROVAL SHEET.PDF - Published Version
Download (567kB) | Preview
3.NIM. 7133141041 PREFACE.PDF - Published Version
Download (273kB) | Preview
4.NIM. 7133141041 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (138kB) | Preview
5.NIM. 7133141041 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (190kB) | Preview
6.NIM. 7133141041 TABLES.PDF - Published Version
Download (137kB) | Preview
7.NIM. 7133141041 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM. 7133141041 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
9.NIM. 7133141041 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (230kB) | Preview
13.NIM. 7133141041 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (275kB) | Preview
14.NIM. 7133141041 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (2) pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar ekonomi siswa, dan (3) pengaruh disiplin belajar dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan yang beralamat di Jl.Willem Iskandar No.7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 208 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, dengan sampel berjumlah 68 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, kuesioner/angket. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, uji t/parsial, uji F/simultan dan uji R/determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa dalam kategori baik dan pemanfaatan internet oleh siswa juga dalam kategori baik. Hasil persamaan linier berganda yaitu Y = 14,331 + 0,560 X1 + 0,582 X2. Pada hipotesis pertama hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 6,366 dan nilai ttabel sebesar 1,669 maka diperoleh thitung > ttabel (6,366 > 1,669) dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka hipotesis1 diterima. Dan untuk hipotesis kedua uji t menunjukkan nilai thitung 6,496 dan nilai ttabel 1,669 maka diperoleh thitung > ttabel (6,496 > 1,669) dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka hipotesis2 diterima. Selanjutnya untuk uji F diperoleh Fhitung 70,506 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,684 atau 68,4%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar ekonomi siswa, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 107 |
Keywords: | Disiplin Belajar; Pemanfaatan Internet; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 11:06 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25365 |