Herliana (2007) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN IMAJINASI TERHADAP KEMAMPUAN BERKARYA LAGU SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. 0450250272 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
2. 0450250272 Abstrak.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. 0450250272 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 0450250272 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 0450250272 Bab V.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
6. 0450250272 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
Abstract
Kemampuan berkarya lagu temyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan variasi media pembelajaran dan imajinasi. Untukmelakukan pengujian secara empirik, dua variable tersebut diteliti tingkatpengaruhnya terhadap kemampuan berkarya 1agu siswa SMA Negeri 4 BandaAceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan, (1)perbedaan kemampuan berkarya lagu antara siswa yang diajar denganmenggunakan media audio dan siswa yang diajar dengan media grafis, (2)perbedaan kemampuan berkarya lagu antara siswa yang memiliki imajinasi tinggidengan siswa yang memiliki kemampuan imajinasi rendah, (3) interaksi antarapenggunaan media pembelajaran dan imajinasi dalam mempengaruhi kemampuanberkarya lagu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMA NegeriBanda Aceh Tahun Ajaran 2005/1006 dengan jumlah 395 orang. Penentuansampel dilakukan dengan dengan menggunakan teknik cluster random sampling,yang berdasarkan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 44 orang. Instrumenyang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes pengetahuanteori dasar musik, obsrvasi berkarya lagu dan kuisioner tingkat imajinasi. Metodeyang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen danganrancangan penelitian dasain faktorial 2x2. Pengujian hipotesis dilakukan denganmenggunakan teknik ANAVA dua jalur dengan tare signifikan 0,05 yangmenunjukkan: (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan kemampuan berkaryalagu yang siginifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media audiodengan siswa yang diajar dengan menggunakan media grafis (Fhitung = 17,82 >Ftabel= 8,02); (2) secara keseluruhan terdapat perbedaan kemampuan berkaryalagu yang signifikan antara siswa yang memiliki imajinasi tinggi dengan siswayang memiliki imajinasi rendah (Fhitung = 12,02 > Ftabel = 8,02); (3) terdapatinteraksi antara media pembelajaran dan imajinasi dalam mempengaruhikemampuan berkarya lagu (Fhitung = 40,09 > Ftabel = 8,02). Dengan uji lanjutmenggunakan uji Tuckey dibuktikan bahwa siswa yang memiliki imajinasi tinggiakan memperoleh kemampuan berkarya lagu yang lebih balk jika diajar denganmenggunakan media audio dibandingkan dengan jika diajar dengan menggunakanmedia grafis, sedangkan siswa yang memiliki imajinasi rendah akan memperolehkemampuan berkarya lagu yang lebih balk jika diajar dengan menggunakan mediagrafis dibandingkan dengan jika diajar dengan menggunakan media audio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Her p |
Keywords: | Imajinasi; Lagu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2535 |