Sinaga, Khairunnisa (2017) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA PEMBINA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM_61.PDF - Published Version
Download (80kB) | Preview
2_NIM_61.PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview
3_NIM_61.PDF - Published Version
Download (37kB) | Preview
4_NIM_61.PDF - Published Version
Download (90kB) | Preview
5_NIM_61.PDF - Published Version
Download (64kB) | Preview
6_NIM_61.PDF - Published Version
Download (36kB) | Preview
7_NIM_61.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
8_NIM_61.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
9_NIM_61.PDF - Published Version
Download (207kB) | Preview
13_NIM_6.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
14_NIM_6.PDF - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak
manipulatif lempar tangkap untuk anak tunagrahita dengan menggunakan
modifikasi permainan lempar tangkap.pada siswa kelas XI SMALB-C Pembina
Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3
fase yaitu baseline A-1, Intervensi, Baseline A-2. Subjek penelitian adalah siswa
kelas XI SMALB- C Pembina Medan yang berjumlah 8 Siswa yang terdiri dari 5
putera dan 3 puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar modifikasi
dan tes hasil belajar yang berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar manipulatif
dengan menerapkan modifikasi “menyebrangkan bola, lempar target”
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil
analisisnya : (1). Pada Baseline A-1, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek
dalam penelitian ini, ternyata belum ada siswa yang tuntas dengan
persentase(224,96%) Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 28,12. (2).
Pada fase Intervensi, ternyata 4 orang siswa (426.25%) yang sudah memiliki
ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa belum memiliki
ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 53,25. Pada
fase Baseline A-2, ternyata semua siswa sudah di nyatakan lulus dengan
persentase (656%) nilai rata yang di peroleh mencapai 82.
Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan
menggunakan modifikasi permainan lempar tangkap dapat meningkatkan hasil
belajar gerak manipulatif anak tunagrahita di SLB Pembina Medan T.A.
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 079 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:40 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25345 |