Hasibuan, Ahmad Farabih (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123142001 COVER .pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 5123142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM. 5123142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 5123142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 5123142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 5123142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 5123142001 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 5123142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12. NIM. 5123142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 5123142001 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang
menggunakan Media Video Pembelajaran pada Pengolahan Makanan
Kontinental (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan Media Power Point pada
Pengolahan Makanan Kontinental (3) Untuk mengetahui pengaruh Media
Pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar pada Pengolahan Makanan
Kontinental . Desain Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian
dilaksanakan di SMK Negeri 8 Medan. Penentuan kelas dilakukan dengan teknik
simple random sampling sebanyak 2 kelas yang terpilih berjumlah 70 siswa yaitu
kelas XI-1 yang berjumlah 35 orang dan kelas XI-3 yang berjumlah 35 orang.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data
menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan
rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar
Pengolahan Makanan Kontinental yang menggunakan media video
pembelajaran kategori cenderung Kurang dengan jumlah persentase 48,57%. dan
tingkat kecenderungan hasil belajar Pengolahan Makanan Kontinental yang
menggunakan media pembelajaran Power Point kategori cenderung Kurang
dengan jumlah persentase 77,14%. Berdasarkan hasil test hasil belajar Pengolahan
Makanan Kontinetal yang diajar dengan menggunakan Media Video
Pembelajaran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
Media Pembelajaran Power Point. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan Media Pembelajaran
Audio Visual terhadap hasil belajar Pengolahan Makanan Kontinetal diperoleh
hasil sebagai berikut : > (3,928>1,668) pada taraf signifikan 5%.
Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media
pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa Tata Boga SMK Negeri 8
Medan. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada Pengolahan Makanan Kontinental.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 034 |
Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual , Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25330 |