Limbong, Dian A. Y. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321002 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 4133321002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM 4133321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 4133321002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM 4133321002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4133321002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. NIM 4133321002 CHAPTERS I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM 4133321002 CHAPTERS V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM 4133321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X
Semester II SMA Negeri 12 Medan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation, serta mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran
langsung.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 5 kelas.
Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random
sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam ranah kognitif
dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang telah divalidasi. Uji
hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Uji t satu pihak digunakan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar siswa di kwlas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 46,67
dengan standar deviasi 12,10 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 40,38
dengan standar deviasi 15,92. Uji normalitas data Lhitung < Ltabel (0,0948 < 0,1059)
artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (1,731 < 1,764).
Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (1,868 < 1,997) yang
artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal sama. Kemudian setelah diberikan
perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai
rata-rata postes kelas eksperimen 73,714 dan kelas kontrol 60,761. Kemudian dilakukan
uji t untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara nilai kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,056 sedangkan ttabel = 1,668 karena thitung >
ttabel maka ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil
belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 12
Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 179 |
Keywords: | Kooperatif tipe group investigation, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:02 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25275 |