Napitupulu, Kamsia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321014 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4133321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM 4133321014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM 4133321014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4133321014 TABLE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 4133321014 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM 4133321014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4133321014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM 4133321014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM 4133321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran
Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamik Kelas
XI Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017 bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry
Training serta mengetahui aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran
berlangsung.
Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan
sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian
adalah kelas eksperimen XI MIA-I dan kelas kontrol XI MIA-6 yang berjumlah
31 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes
esai berjumlah 8 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh
dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai observer.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas
kontrol masing-masing sebesar 40,32 dan 38,71, kemudian dilakukan uji
prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung <
Ltabel (0,1109 < 0,159) untuk kelas eksperimen dan 0,1368 < 0,159 untuk kelas
kontrol sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal.
Fhitung < Ftabel (1,33 < 1,84) maka sampel yang digunakan dalam penelitian
dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postest kelas eksperimen
adalah 73,89 dan kelas kontrol 65,52. Rata-rata aktivitas belajar siswa adalah
67,76 tergolong aktif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t
diperoleh thitung = 3,33 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan
model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi
Fluida Dinamik kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P.
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 180 |
Keywords: | Quasi Eksperiment, Inquiry Training, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25273 |