Gurning, Sri Erliani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADFA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA RK BINTANG TIMUR P.SIANTAR T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121051 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
3. NIM. 4133121051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 4133121051 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM. 4133121051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 4133121051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4133121051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
6. NIM. 4133121051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4133121051 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM. 4133121051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 4133121051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM. 4133121051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 4133121051 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry
Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di
Kelas X Semester II di SMA Swasta RK Bintang Timur P.Siantar T.P. 2016/2017
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Inquiry Training dan pembelajaran konvensional.. Jenis penelitian adalah quasi
experiment, dan pengambilan sampel dilakukan secara class random sampling
dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-
3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif
dan tes keterampilan proses sains siswa. Dari analisa data untuk hasil belajar kelas
eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 42,00 dan Post-test 78,20. Kelas kontrol
diperoleh rata-rata Pre-test 37,64 dan Post-test 69,75. Kedua kelas berdistribusi
normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 3,43
sedangkan ttabel adalah 1,66 pada taraf nyata 0,05 artinya Ha diterima dan Ho
ditolak dimana thitung > ttabel. Dari analisa data untuk keterampilan proses sains
kelas eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 36,54 dan Post-test 71,56. Kelas
kontrol diperoleh rata-rata Pre-test 35,02 dan Post-test 63,89. Kedua kelas
berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung
adalah 3,04 sedangkan ttabel adalah 1,66 pada taraf nyata 0,05 artinya Ha diterima
dan Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Kesimpulan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
suhu dan kalor di kelas X semester II di SMA Swasta RK Bintang Timur
P.Siantar T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 181 |
Keywords: | inquiry training, hasil belajar, suhu dan kalor |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25268 |