PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADFA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA RK BINTANG TIMUR P.SIANTAR T.P 2016/2017

Gurning, Sri Erliani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADFA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA RK BINTANG TIMUR P.SIANTAR T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133121051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133121051 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133121051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133121051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133121051 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133121051 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133121051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133121051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133121051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133121051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121051 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133121051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121051 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133121051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133121051 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133121051 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133121051 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133121051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133121051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133121051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133121051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133121051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133121051 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133121051 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry
Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di
Kelas X Semester II di SMA Swasta RK Bintang Timur P.Siantar T.P. 2016/2017
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Inquiry Training dan pembelajaran konvensional.. Jenis penelitian adalah quasi
experiment, dan pengambilan sampel dilakukan secara class random sampling
dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-
3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif
dan tes keterampilan proses sains siswa. Dari analisa data untuk hasil belajar kelas
eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 42,00 dan Post-test 78,20. Kelas kontrol
diperoleh rata-rata Pre-test 37,64 dan Post-test 69,75. Kedua kelas berdistribusi
normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 3,43
sedangkan ttabel adalah 1,66 pada taraf nyata 0,05 artinya Ha diterima dan Ho
ditolak dimana thitung > ttabel. Dari analisa data untuk keterampilan proses sains
kelas eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 36,54 dan Post-test 71,56. Kelas
kontrol diperoleh rata-rata Pre-test 35,02 dan Post-test 63,89. Kedua kelas
berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung
adalah 3,04 sedangkan ttabel adalah 1,66 pada taraf nyata 0,05 artinya Ha diterima
dan Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Kesimpulan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
suhu dan kalor di kelas X semester II di SMA Swasta RK Bintang Timur
P.Siantar T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 181
Keywords: inquiry training, hasil belajar, suhu dan kalor
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:01
Last Modified: 04 Aug 2017 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item
View Item