Pangaribuan, Johan (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK N 7 MEDAN T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141043 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 7133141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 7133141043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 7133141043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 7133141043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 7133141043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7133141043 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 7133141043 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7133141043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13. NIM. 7133141043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 7133141043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa di SMK N 7 Medan dan apakah metode
pembelajaran dan kemandirian belajar memberikan pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI ADM SMK Negeri 7 Medan
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun pembelajaran
2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program
Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 168
orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara Proportional Random
Sampling yang terdiri dari lima kelas, yaitu ADM1 sampai ADM5. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh metode pembelajaran guru
(X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,192 > 1,685), hasil
analisis yang diperoleh untuk pengaruh kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi
belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (3,039 > 1,685), menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi
belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta
32,405, koefisien regresi metode pembelajaran guru (X1) sebesar 0,247 dan
koefisien regresi kemandirian belajar (X2) sebesar 0,328.
Untuk menguji hipotesis metode pembelajaran guru dan kemandirian
belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh
nilai Fhitung > Ftabel (75,305 > 3,24), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan
signifikan secara simultan antara metode pembelajaran guru dan kemandirian
belajar terhadap prestasi belajar siswa maka hipotesa dapat diterima. Untuk hasil
perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar
78%, menunjukkan bahwa metode pembelajaran guru dan kemandirian belajar
secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 78% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan
secara simultan antara Metode Pembelajaran Guru dan Kemandirian Belajar
terhadap Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Medan
T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 056 |
Keywords: | Metode Pembelajaran, Kemandirian Belajar, hasil Belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25266 |