Saragih, Eva Peronicha (2017) PENGARUH KARAKTER DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141044 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 7132141044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
3. NIM 7132141044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 7132141044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 7132141044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM 7132141044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 7132141044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 7132141044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 7132141044 BAB I.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
13. NIM 7132141044 BAB V.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM 7132141044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
buruknya karakter dan lingkungan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan
mengetahui pengaruh karakter dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar
siswa di kelas XI di SMA Negeri 4 Medan.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan di Jl. Gelas No. 12,
Sei Putih Tengah, Kota Medan, Prop. Sumatera Utara pada Semester Genap
T.A. 2016/2017 di kelas XI, dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi
seluruh siswa kelas XI Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 4 Medan dengan
jumlah 241 orang. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling (area
sampling) terdiri dari 3 kelas yaitu sebanyak 119 siswa. Penelitian
dilaksanakan menggunakan instrument angket tertutup sebanyak 25 soal setiap
variabel bebas, yang sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui
validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Y= 36,578 + 0.323 X1 +0,336
X2 dan r square sebesar 54%. Uji hipotesis secara parsial (Uji T) untuk variabel
karakter (X1) diperoleh nilai thitung > ttabel (7,277 > 1,658) dan nilai signifikansi
(0,000 < 0,05) dan variabel lingkungan sosial (X2) diperoleh nilai thitung > ttabel
(6,413 > 1,658) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji simultan
diperoleh fhitung > ftabel (68,297 > 3,09) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,005)
artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara karakter (X1) dan
lingkungan sosial (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI di SMA
Negeri 4 Medan pada Mata Pelajaran Ekonomi T.A 2016/2017 dan artinya
bahwa hipotesis pertama, kedua dan ketiga diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 099 |
Keywords: | Karakter, Lingkungan Sosial, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25265 |