PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017

Mardiah, Mardiah Ainun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133142004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133142004 COVER.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133142004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133142004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133142004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133142004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133142004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133142004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133142004 TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133142004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133142004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133142004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133142004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133142004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133142004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133142004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133142004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi disbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 223 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Random yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 55,33dan 85,73 dengan standar deviasi yaitu 8,98 dan 8,38. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 53,87 dan 75,60 dengan stadar deviasi yaitu 9,44 dan 8,43. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh =4,632 dan =1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan > yaitu4,632 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika > maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 124
Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E; Metode Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 14:26
Last Modified: 03 Aug 2017 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item
View Item