Efendi, Asnan (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122111002 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM 5122111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM 5122111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 5122111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM 5122111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 5122111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 5122111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM 5122111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
12. NIM 5122111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM 5122111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuib peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas x bidang keahlian teknik bangunan SMK Negeri 2 Panyabungan dalam mata diklat pengetahuan dasar teknik bangunan serta untuk mendekripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata siswa 68,32. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata –rata siswa menjadi 85,44. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata – rata 62,35 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 82,65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar (PBM) dan yang keduan dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat pengetahuan dasar teknik bangunan.