Hawari, Ahmad (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141003 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 7132141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 7132141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 7132141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM. 7132141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 7132141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 7132141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7132141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 7132141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 7132141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 7132141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X AP SMKNegeri 1 Medan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 4 (empat) kelassebanyak152 siswa. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 38 siswa dan X AP-4 (Eksperimen II) yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen1 Problem Solving 81,71 dengan standar deviasi 6,50 dan nilai mean kelas Contextual Teaching and learning (CTL) 78,55 dengan standar deviasi 5,80. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,15 dan ttabel = 1,65 Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,15> 1,65 dengan kata lain Hipotesis diterima. Data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwahasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solvinglebih tinggi dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 59,24% daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL) dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 32% pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 059 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving; Contextual Teaching And Leraning; dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 10:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25233 |