Lumban Gaol, Citra Ujud Obrin (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PERGURUAN HKBP P. BRAYAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103111021 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 6103111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 6103111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 6103111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 6103111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 6103111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 6103111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 6103111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
12. NIM. 6103111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 6103111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas VII SMP Yayasan Perguruan HKBP P. Brayan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan penerapan variasi pembelajaran (pre-test), lalu dilakukan pembelajaran menggunakan variasi pembelajara yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar Passing Sepak Bola sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran (pre test) diperoleh 7 siswa (23,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (76,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 60,55. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran. (2) dari tes hasil belajar menggunakan variasi pembelajaran di siklus I diperoleh 19 siswa (63,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (36,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 73,60. Kemudian dilakukan kembali gaya mengajar dengan variasi pembelajaran dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 27 siswa (90%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil siswa adalah 78,88. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing Sepak Bola Dengan menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Yayasan Perguruan HKBP P. Brayan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 097 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Sepak bola; Passing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 10:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25219 |