Hutajulu, Bobby Pranata (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN (PLAYSTATION) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 13-17 TAHUN DI DESA PADANG PASIR KECAMATAN RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131171003_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 1131171003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 1131171003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. NIM. 1131171003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1131171003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1131171003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 1131171003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1131171003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 1131171003_BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
9. NIM. 1131171003_BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM. 1131171003_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 1131171003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kebiasaan anak untuk selalu
mengutamakan bermaian playstation, kurangnya perhatian orang tua terhadap jam
belajar anak, playstation memiliki peran penting bagi anak sebagai hiburan, dan
playstation dapat menggangu proses kegiatan akademis anak. Tujuan penelitian
adalah utnuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan playstation
terhadap minat belajar anak di Desa Padang Pasir Kecamatan Rantau Selatan.
Spencer (2006:95) berpendapat bahwa permainan playstation merupakan
kemungkinan penyaluran bagi manusia untuk melepaskan sisa-sisa energy.
Muhibbinsyah (2009:134) mengatakan bahwa “siswa yang berminat belajar harus
di tunjukkan dengan tindakan belajar”. Hal senada di kemukakan oleh menurut
Slamet (2009:180) “minat belajar harus didefenisikan melalui prestasi dalam
suatu aktifitas”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 orang anak usia 13-17 tahun di Desa
Padang Pasir. Alat yang digunakan pada teknik pengumpulan data adalah angket,
teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan uji t.
Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linier sederhana diperoleh
persamaan regresi linier adalah ̂= 46,031+(-0,436)x. Hasil uji hipotesis dengan
uji t diperoleh nilai ( )> (1,686). Dari hasil perhitungan
determinasi playstation memberi pengaruh sebesar 40,64% terhadap minat belajar
anak. Artinya terdapat pengaruh antara penggunaan playstation terhadap
perkembangan minat belajar anak usia 13-17 tahun di Desa Padang Pasir
Kecamatan Rantau Selatan kabupaten Labuhan Batu. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan playstation dapat memberi pengaruh buruk terhadap minat belajar
anak. Semakin sering anak menggunakan playstation maka minat belajarnya akan
semakin rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 061 |
Keywords: | Playstation, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:09 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25202 |