PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK

Hartono, Febri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5103131013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 5103131013 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 2. 5103131013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 5103131013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 3. 5103131013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 5103131013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. 5103131013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 5103131013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5103131013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 5103131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6. 5103131013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 5103131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5103131013 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. 5103131013 TABLE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 8. 5103131013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 5103131013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. 5103131013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 5103131013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5103131013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 5103131013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5103131013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 5103131013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Group To Group Exchange terhadap hasil belajar pekerjaan dasar
elektromekanik pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1
Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun
Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas,
yaitu kelas X TITL 1 dan kelas X TITL 2, yang masing-masing kelas berjumlah
32 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 35
butir. Hasil pengujian pre-test sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor
rata-rata di kelas eksperimen (49,625) dengan standar deviasi 8,0535 dan skor
rata-rata di kelas kontrol (47,875) dengan standar deviasi 8,3955. Pada pengujian
data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal
dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian
diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran
menggunakan strategi Group To Group Exchange dan kelas kontrol diajar dengan
pembelajaran menggunakan strategi ekspositori. Setelah pembelajaran selesai
diberikan post-test, diperoleh nilai post-test dengan hasil rata-rata kelas
eksperimen (81,125) dengan standar deviasi 8,3207 dan kelas kontrol (76,875)
dengan standar deviasi 7,8571.
Dari hasil pengolahan data post-test diperoleh bahwa thitung = 2,068 dan
ttabel = 1,667. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu model
pembelajaran Group To Group Exchangememberikan hasil belajar pada
pelajaranmenguasai teori dasar elektronikayang lebih
tinggidaripadapembelajaranmenggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas X
TITLSMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ELK 044
Keywords: Dasar elektromekanik; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:03
Last Modified: 03 Aug 2017 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item
View Item