Aritonang, Rahmat Chairul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SEKOLAH SMK KELAS X TIPTL TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5101131015 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 5101131015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5101131015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM 5101131015 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM 5101131015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 5101131015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 5101131015 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 5101131015 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM 5101131015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
13. NIM 5101131015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 5101131015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Pekerjaan Dasar
Elektromekanik antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran
Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas X
Program Keahlian Teknik Instalas Pemanfaatani Tenaga Listrik di SMK NEGERI 1
Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.
Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang
mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik
Instalas Pemanfaatani Tenaga Listrik di SMK NEGERI 1 PST yang mengikuti
kompetensi Memahami Pekerjaan Dasar Elektromekanik yang terdiri dari 2 kelas. Sampel
dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas
eksperimen (kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Quantum Teaching adalah
kelas X TIPTL-1 yang berjumlah 32 siswa serta kelas X TIPTL-2 menjadi kelas kontrol
(kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 32 siswa. Jadi
total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 64 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar
memahami Pekerjaan Dasar Elektromekanik antara Model Pembelajaran Quantum
Teaching dengan Model Pembelajaran Ekspositori, dimana hasil belajar memahami
Pekerjaan Dasar Elektromekanik untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran
Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar memahami Pekerjaan
Dasar Elektromekanik untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Ekspositori.
Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 84,219 dan rata-rata pada kelas
kelompok kontrol sebesar 80,468. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji
Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas memahami Pekerjaan
Dasar Elektromekanik dengan Model Pembelajaran TPS diperoleh Lhitung sebesar 0,1123
dan Ltabel sebesar 0,1566 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1123 < 0,1566, maka data pada
kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas memahami Pekerjaan Dasar
Elektromekanik dengan Model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,1122
dan Ltabel = 0,1566 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1122 < 0,1566, maka data pada kelas
Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas hasil belajar Pekerjaan Dasar
Elektromekanik diperoleh Fhitung sebesar 1,0592 dan Ftabel 1,7525 karena Fhitung < Ftabel
atau 1,0592 < 1,7525 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan
seluruh data varians hasil penelitian homogen.
Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5%
menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan
Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar memahami Pekerjaan Dasar
Elektromekanik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalas Pemanfaatani
Tenaga Listrik di SMK NEGERI 1 PST Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dari
nilai thitung = 1,973 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,667.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 045 |
Keywords: | Pembelajaran; Hakekat Pembelajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25191 |