Azhari, Muhammad (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADOPSI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA MTS NEGERI STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020327 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. 055020327 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. 055020327 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
4. 055020327 - Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 055020327 - Bab V.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin dan strategi inkuiri bebas, (2) hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi antara siswa dengan adopsi informasi tinggi dan adopsi informasi rendah (3) interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan adopsi informasi terhadap basil belajar teknologi informasi dan komunikasi.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Stabat yang berjumlah 5 kelas dengan jumlah 200 siswa, sampel penelitian ditetapkan untuk kelas VIII-2 dilaksanakan strategi pembelajaran inkuiri bebas dan kelas V111-3 dilaksanakan strategi inkuiri terpimpin. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen pengukuran untuk mengukur basil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihanjawaaban (r11=0,919 dan d = 0,9). Untuk menjaring data adopsi informasi (r11=0,4289 > t4bel = 0,320), digunakan angket yang disusun sendiri oleh peneliti, sebelum diujicobakan dikonsultasikan secara konstruk telah mengukur siswa yang memiliki adopsi informasi dan valid menurut para ahli kemudian dikonsultasikan dengan pembimbing. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuaan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar teknologi informasi komunikasi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas (5C = 77,75) lebih tinggi dari basil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin (X = 71,62), denga Fhitung = 9.18 > Ftthei = 4,08 , (2) basil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa dengan adopsi informasi tinggi (5Z— 81,00) lebih tinggi dari basil belajar siswa dengan adopsi informasi rendah (X = 74,15), dengan Fhitung = 60,39 > Ftabel = 4,08, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan adopsi informasi terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi, dengan Fhitung 26,89 > Fiabd = 4,08. Perhitungan uji lanjut dengan uji Tukey menunjukkanQng(Xi-X2)-----13,76, (Xi -X3)=7,90, (X3-X4)=2,96, (X2-X4)=2,90, (Xi -X4)=12hi,t8u 6,Tukey(Xi-X2)-----13,76, dengan Qtabel = 3,96 dan (Xib-Xit)=4,98, (Xiv1-r-XArr)=5,57 dengan Qtabei = 3,79.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Muh p |
Keywords: | Komunikasi; Inkuiri; Adopsi Informasi, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2519 |