Tiya Ayu, Utami (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4132131028 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
3 NIM 4132131028 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2 NIM 4132131028 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4 NIM 4132131028 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5 NIM 4132131028 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7 NIM 4132131028 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
6 NIM 4132131028 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8 NIM 4132131028 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9 NIM 4132131028 DAFTAR LAMPIRAN_doc.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
10 NIM 4132131028 BAB I_doc.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
14 NIM 4132131028 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
15 NIM 4132131028 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Solving
berbantuan Macromedia Flash di SMA Negeri 1 Sunggal. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang
terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas siswa kelas XI SMAN-
1 Sunggal, dimana kelas XI MIA-5 terpilih sebagai kelas eksperimen I yang
diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching
And Learning, dan XI MIA-6 sebagai kelas eksperimen II yang
diberi model pembelajaran Probelem Solving. Adapun teknik pengambilan
sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Tahapan metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menyusun dan memvalidasi
instrument tes berupa pilihan berganda; (2) menyusun perangkat pembelajaran;
(3) melakukan tes kemampuan awal (pretest); (4) melakukan kegiatan
pembelajaran; (5) melakukan tes akhir (postest); dan (5) menganalisis data
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel telah memenuhi
criteria normalitas, untuk kelas eksperimen I nilai normlitas (x2hitung /
2,15<x2tabel /11,07) dan nilai normlitas kelas eksperimen II (x2hitung / 5,17 <x2tabel
/11,07) dan homogenitas (Fhitung/ 1,006317745<Ftabel/ 1,905). Diperoleh nilai
rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 81,28±40,65 sedangkan ratarata
hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 74,00±36,97. Uji hipotesis
dengan uji t dua pihak diperoleh thitung 3,250 lebih besar dari ttabel 0,9977 artinya
hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran contextual teaching and learning dan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem solving.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 140 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING;PROBLEM SOLVING;HASIL BELAJAR;HIDROLISIS GARAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25186 |