Sebayang, Rendy (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (BKP) UNTUK MENGURANGI RESIKO PUTUS SEKOLAH PADA SISWA SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1103151055_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1103151055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 1103151055_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 1103151055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 1103151055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1103151055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 1103151055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 1103151055_BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
12. NIM. 1103151055_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 1103151055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok
berpengaruh terhadap kurangnya resiko putus sekolah di SMP Negeri 16 Medan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengurangi resiko putus sekolah pada siswa SMP
Negeri 16 Medan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test dan
post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 16
Medan yang berjumlah 10 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket Resiko Putus Sekolah sebanyak 16 butir item (valid) yang
terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket
yang valid dan reliabel.
.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok
berpengaruh terhadap kurangnya resiko putus sekolah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri
16 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon
yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung= 0, Dengan α = 0,05 dan n=10, maka
berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama
denganJtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z.
Karena nilai z hitung adalah -2,803 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96.
Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi
perlakuan.Sehingga, Siswa yang beresiko putus sekolah telah berkurang sesudah
mengikuti bimbingan kelompok pada kelas VIII-2 di SMP Negeri 16 Medan T.A
2016/2017, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 030 |
Keywords: | Pengaruh; Bimbingan Kelompok; Mengurangi Resiko Putus Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:56 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25182 |