Pardede, Sahat Rein Jeremay (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121033 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM 4132121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 4132121033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4132121033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
5. NIM 4132121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM 4132121033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM 4132121033 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM 4132121033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM 4132121033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13. NIM 4132121033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 4132121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
fluida dinamis kelas XI di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan design Two Group
Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan cara class
random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas XI IPA
1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing (guided inquiry) dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar
yang berjumlah 5 soal dalam bentuk esai yang telah divalidasi, lembar observasi
sikap dan lembar keterampilan. Uji hipotesis menggunakan analisis anava satu jalur
dengan taraf = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
25.53 dan kelas kontrol adalah 25.34. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji
homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua
kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil dari uji t pada nilai pretest
diperoleh thitung < ttabel yaitu 0.125 < 1.996, yang berarti kemampuan awal pada
kedua kelas adalah sama. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas
eksperimen adalah 70.11 dan kelas kontrol adalah 61.21. Berdasarkan hasil dari
anava satu jalur pada nilai postes diperoleh Fhitung = 8.78 dan Ftabel = 3.992 sehingga
Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya
pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided
inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI
semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 185 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25178 |