PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Pardede, Sahat Rein Jeremay (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121033 COVER.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121033 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121033 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132121033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
fluida dinamis kelas XI di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan design Two Group
Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan cara class
random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas XI IPA
1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing (guided inquiry) dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar
yang berjumlah 5 soal dalam bentuk esai yang telah divalidasi, lembar observasi
sikap dan lembar keterampilan. Uji hipotesis menggunakan analisis anava satu jalur
dengan taraf = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
25.53 dan kelas kontrol adalah 25.34. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji
homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua
kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil dari uji t pada nilai pretest
diperoleh thitung < ttabel yaitu 0.125 < 1.996, yang berarti kemampuan awal pada
kedua kelas adalah sama. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas
eksperimen adalah 70.11 dan kelas kontrol adalah 61.21. Berdasarkan hasil dari
anava satu jalur pada nilai postes diperoleh Fhitung = 8.78 dan Ftabel = 3.992 sehingga
Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya
pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided
inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI
semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 185
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry); Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 09:53
Last Modified: 02 Aug 2017 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25178

Actions (login required)

View Item
View Item