Pratiwi, Intan (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133331005 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 NIM 4133331005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3 NIM 4133331005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4 NIM 4133331005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5 NIM 4133331005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6 NIM 4133331005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7 NIM 4133331005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8 NIM 4133331005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9 NIM 4133331005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
10 NIM 4133331005 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
14 NIM 4133331005 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15 NIM 4133331005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi hukum dasar
kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria
BSNP; 3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil
belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri
terbimbing lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa
kelas X SMA Negeri 14 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel ditetapkan dengan cluster
random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada
materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah
memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2)
modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu
kelayakan isi = 3,68; kelayakan bahasa = 3,57; kelayakan penyajian = 3,70;
kelayakan kegrafikaan = 3,50 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) iuji
coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa
sebesar 80%; (4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri
terbimbing lebih besar dari harga KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 143 |
Keywords: | Research and Development, modul, BSNP, pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25177 |