Hasibuan, Dian Yunita Rahmawan (2017) ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BABALAN DAN BERANDAN BARAT TA.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3103331014 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 3103331014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. NIM. 3103331014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 3103331014 AUTHENTIC LETTERS.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 3103331014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6. NIM. 3103331014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 3103331014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 3103331014 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 3103331014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10. NIM. 3103331014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
15. NIM. 3103331014 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
16. NIM. 3103331014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang di hadapi
oleh guru dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Babalan dan
Berandan Barat yang meliputi: (1) Permasalahan dalam materi pelajaran geografi
kelas X. (2) Permasalahan dalam mempersiapkan rancanangan pembelajaran. (3)
Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kecamatan Babalan dan
Berandan Barat Tahun 2017. Populasi penelitian adalah seluruh guru geografi SMA
Negeri Kecamatan Babalan Dan Berandan Barat yang berjumlah 3 orang dan
mengingat populasi sedikit, maka sekaligus dijadikan sample.Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dengan teknik komunikasi langsung dan teknik
komunikasi tidak langsung.Teknik analisis datanya secara deskriptif.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa permasalahan guru dalam pembelajaran
geografi: (1) Penguasaan materi kelas X. Tingkat permasalahan guru geografi dalam
menyampaikan materi pelajaran geografi pada kelas X dimana guru mengalami
masalah pada materi langkah penelitian geografi sebanyak 66,6%, dan pada materi
hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika litosfer sebanyak 33,33%. (2)
Permasalahan guru geografi dalam menyusun perangkat pembelajaran yaitu terdiri
dari permasalahan dalam merancang pembelajaran sebanyak 33,3%, dan
permasalahan yang banyak dihadapi guru yaitu dalam pemilihan media pembelajaran
yaitu sebanyak 66,6%. (3) Permasalahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran
geografi terdapat pada permasalahan dalam strategi pembelajaran sebanyak 33,3%,
dan permasalahan paling banyak dihadapi guru yaitu permasalahan dalam
pemanfaatan media pembelajaran geografi yaitu sebanyak 66,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 069 |
Keywords: | PERMASALAHAN GURU ; KURIKULUM 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25176 |