Lestari, Dian (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331022 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4133331022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM 4133331022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4133331022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM 4133331022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM 4133331022 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 4133331022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 4133331022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. NIM 4133331022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM 4133331022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM 4133331022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persen (%) peningkatan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games
tournament (TGT) dilengkapi media molymod pada materi hidrokarbon dan untuk
mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa SMA yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT)
dilengkapi dengan media molymod lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengam model pembelajaran kooperatif tipe teams games
tournament (TGT) pada materi hidrokarbon. Penelitian dilakukan di SMA PAB 4
Sampali pada kelas X dengan populasi sebanyak 3 kelas paralel. Sampel kelas
ditentukan dengan tehnik purposif sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas
eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT media molymod,
dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini
menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 18 soal yang diuji validitasnya,
realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes pihak kanan untuk
hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung>ttabel (2,9769> 1,6756). Dan untuk
hipotesis aktivitas belajar diperoleh thitung>ttabel (3,8208 > 1,6756). Hal ini
menunujukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media molymod
pada model pembelajaran Kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar dan aktivitas
siswa pada materi Hidrokarbon. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa
peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 76,72% dan rata-rata gain
kelas kontrol sebesar 41,12%. Dengan demikian penggunaan media molymod
pada pembelajaran model TGT lebih baik dibandingkan pembelajaran hanya
dengan model TGT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 145 |
Keywords: | Media Molymod, Model Pembelajaran TGT, Hasil belajar, Aktivitas, Gain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25173 |