Dalimunte, Chefty Thermaylina (2017) PENGEMBANGAN DAN INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN LARUTAN BUFFER. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331004 COVER.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
2. NIM 4133331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3. NIM 4133331004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
4. NIM 4133331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
5. NIM 4133331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
6. NIM 4133331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
7. NIM 4133331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
8. NIM 4133331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
9. NIM 4133331004 BAB I.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
13. NIM 4133331004 BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM 4133331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Meningkatkan mutu pendidikan dan perbaikan sumber daya manusia sangat
menentukan dalam meningkatkan pemahaman melalui bahan ajar bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia yang inovatif
untuk pengajaran, dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan efektifitas
peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas XI
di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Tahun Akademi 2016/2017. Pengembangan
buku ajar dilakukan melalui inovasi pembelajaran kimia berbasis kontekstual untuk
memperoleh bahan ajar kimia standard an inovatif sebagai media pembelajaran di
sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dengan bentuk inovasi yang
dikembangkan adalah bahan ajar berbasis kontekstual yang telah di integrasikan
dengan komponen kontekstual yaitu baik dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari
siswa dan dengan hasil yang diusulkan untuk bahan ajar sebesar 3.55 . (2) Analisis
standar dari Dosen dan Guru kimia kelas XI untuk standar rata-rata tiap poin pada
angket BSNP yaitu kelayakan isi 3.54, kelayakan bahasa 3.61, dan kelayakan
penyajian 3.49 dengan hasil buku ajar valid dan tidak perlu direvisi dan layak
digunakan pada materi larutan buffer. (3) Hasil penelitian juga menunjukkan hasil
belajar siswa, dibuktikan dengan uji thitung > ttabel dimana untuk setiap sampel, yaitu
: (a) SMA Negeri 1 Tarutung thitung (2.462) > ttabel (2.103). (b) SMA Sw. HKBP 2
Tarutung thitung (2.879) > ttabel (1.998). (c) SMA Sw. Santa Maria Tarutung thitung
(4.069) > ttabel (1.994). (4) Analisis untuk efektifitas peningkatan hasil belajar siswa
yang dilihat dari persen peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen dan kelas
kontrol dimana pada sampel, yaitu : (a) SMA Negeri 1 Tarutung kelas eksperimen
(63.57 %) dan kelas kontrol (53.33%). (b) SMA Sw. HKBP 2 Tarutung kelas
eksperimen (67.02 %) dan kelas kontrol (60.32 %). (c) SMA Sw. Santa Maria
Tarutung kelas eksperimen (64.83 %) dan kelas kontrol (51.02%). Diharapkan guru
dapat menggunakan bahan ajar kimia hasil inovasi untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada pengajaran larutan buffer dan sekaligus menghasilkan
sumberdaya manusia yang baik.
Kata Kunci : Bahan Ajar Kimia, Efek
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 160 |
Keywords: | Bahan Ajar Kimia; Efektifitas hasil belajar; hasil belajar; inovasi; kontekstual; dan larutan buffer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25149 |