Lubis, Fachrur Rozy (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7133341135 JUDUL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 7133341135 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
3. 7133341135 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. 7133341135 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
5. 7133341135 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. 7133341135 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 7133341135 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. 7133341135 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 7133341135 BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. 7133341135 BAB V.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
14. 7133341135 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI – IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan yang beralamat di Jl. Pelajar Timur, Gg. Darmo, Medan Denai.Jenis penelitian ini adalah expost facto.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI – IPS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI – IPS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 110 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan caradokumentasi dan angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji realibilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha.Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R^2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Y = 8,473+0,344X1+ 0,565X2. Hasil analisis uji t untuk variabel status sosial ekonomi keluarga (X1) diperoleh nilai t_hitung>t_tabel (3,751>1,659) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk variabel motivasi belajar (X2) diperoleh nilai t_hitung sebesar 5,588 dengan nilai signifikan sebesar 0,00. Sedangkan nilai t_tabel sebesar 1,659. Maka dari hasil tersebut kita dapat melihat bahwa nilai t_hitung>t_tabel (5,588> 1,659) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00< 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa F_(Hitung )>F_Tabel (192,793>2,690) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α < 0,05 (0,00< 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI – IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 104 |
Keywords: | Status sosial ekonomi keluarga; Motivasi belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25135 |