Andini (2017) PENERAPAN MEDIA KARTU SOAL DAN MEDIA PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331067 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 4133331067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM 4133331067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM 4133331067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM 4133331067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 4133331067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 4133331067 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM 4133331067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM 4133331067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM 4133331067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM 4133331067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa SMA antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media Kartu Soal dan media Peta Konsep pada pokok bahasan konsep mol. Populasi penelitian ini dalah seluruh kelas X SMA sebanyak 5 kelas ; sampel yang diteliti adalah SMA N 8 Medan yang diambil sebanyak 2 kelas, yang masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Satu kelas dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media Kartu Soal ; sedangkan kelas lainnya dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media Peta Konsep. Hasil belajar dari masing-masing kelas diukur dengan instrumen tes hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik t. Data yang diperoleh : rata-rata hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media Kartu Soal adalah 79 dan rata-rata hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media Peta Konsep adalah sebesar 75. Berdasarkan analisis data dengan teknik statistik t tersebut pada tingkat signifikan 0,05% dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran STAD dengan menggunakan media kartu soal dibandingkan dengan menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan konsep mol dengan selisih hasil belajar sebesar 4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 150 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperati; STAD; Kartu Soal; Peta Konsep; Konsep Mol |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25134 |