Sinaga, Maya Handayani (2008) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN FARMASI POLITEKNIK KESEHATAN DEPARTEMEN KESEHATAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020360 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
2. 055020360 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. 055020360 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
4. 055020360 - Bab I.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
5. 055020360 - Bab V.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
6. 055020360 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif terstruktur, (2) mengetahui perbedaan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi dan kecerdasan linguistik rendah, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Inggris mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 orang yang berasal dari 4 (empat) kelas mahasiswa Jurusan Farmasi Politeknik Kesehatan Medan. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kecerdasan linguistik untuk membedakan jenis kecerdasan linguistik yang dimiliki oleh mahasiswa. Tes belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitastes. yang diperoleh dari 45 soal yang cliujikan sebanyak 37 soal raja yangmemenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) kemampuan membaca teks berbahasa Inggris mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Terstruktur lebih tinggi dari pada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 52,13 > Ftabe = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76). (2) mahasiswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi memperoleh belajar bahasa lnggris yang lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 516,63 > Ftabe = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan linguistik dalam mempengaruhi belajar bahasa Inggris mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fbtueg = 118,51 > Ftabe = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,76).Diharapkan kepada para dosen bahasa Inggris atau tenaga pengajar umumnya agar senantiasa memperhatikan dan mempertimbangkan faktor kecerdasan linguistik mahasiswa sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sin p |
Keywords: | Kecerdasan Linguistik; Membaca Teks; Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2512 |