Nasution, Nanda Eska Anugrah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156174037 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 8156174037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM 8156174037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM 8156174037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 8156174037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. NIM 8156174037 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 8156174037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
8. NIM 8156174037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM 8156174037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM 8156174037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 8156174037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran kultur jaringan berbasis website dan mengetahui efektivitas media yang dikembangkan terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Medan. Metode penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model Borg dan Gall (1989). Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli desain media, ahli desain instruksional dan ahli website didapatkan presentasi nilai secara berturut-turut ialah 86% (sangat baik), 87% (sangat baik), 86% (sangat baik), 88% (sangat baik) dan 93% (sangat baik). Media pembelajaran kultur jaringan berbasis website berdasarkan hasil tanggapan oleh mahasiswa pada uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan terbatas dinilai sangat baik dengan rata-rata skor secara berturut-turut 87%, 85.85%, dan 83.14%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran terkategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. mengetahui effektivitas media pembelajaran, dilakukan penelitian eksperimen semu di Universitas Negeri Medan. Populasi yang digunakan ialah mahasiswa semester VIII pendidikan biologi dan Sampel terdiri atas dua kelas Dik A (kontrol) dan Dik C (eksperimen) yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai pada hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis secara berturut-turut yaitu thitung = (3.769) > dari ttabel (1.661), thitung = (5.435) > dari ttabel (1.661), (2.15) > dari ttabel (1.661) masing-masing pada level signifikansi 0.05. Kesimpulan yang didapat ialah Ha1, Ha2, dan Ha3 diterima dan Ho1, Ho2 Ho3 ditolak, maka hasil belajar kognitif mahasiswa, keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis pada kelas yang diajarkan menggunakan media pembelajaran kultur jaringan berbasis website lebih baik secara signifikan dari pada kelas yang diajarkan menggunakan media grafis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.538 071 1 Nas p |
Keywords: | Media Pembelajaran Kultur Jaringan Berbasis Website; Hasil Belajar; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Kritis; Kultur Jaringan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:23 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25117 |