Perwira, Rudi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121025 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 4132121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM 4132121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM 4132121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 4132121025 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4132121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 4132121025 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM 4132121025 EPPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM 4132121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13. NIM 4132121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM 4132121025 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II di SMA Negeri 14 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.A 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X Mia 5 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas X Mia 3 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa, data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes essay sebanyak 10 soal Tes hasil keterampilan proses sains divalidkan oleh validator.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,14 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41,50, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 75,28 dan kelas kontrol 66,39 . Kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 188 |
Keywords: | Inquiry Training; keterampilan proses sains siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:23 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25112 |