HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR, KREATIVITAS BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI BINJAI

Sunardi (2008) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR, KREATIVITAS BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 055020345 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 055020345 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 2. 055020345 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 055020345 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. 55020345 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 55020345 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 4. 055020345 - Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 055020345 - Bab I.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of 5. 055020345 - Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 055020345 - Bab V.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of 6. 055020345 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 055020345 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar (2) untuk mengetahui hubungan antara kreatifitas belajar dengan hasil belajar (3) untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar (4) untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI SMA Negeri Kota Binjai.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Kota Binjai yang berjumlah 1203 orang. Untuk menentukan sampel, digunakan teknik Stratified Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel sebanyak 88 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner skala Likert. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data sebenarnya, terlebih dahulu dilakukan uji coba. Untuk menguji validitas instrumen digunakan korelasi Product Moment. Sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan minus Cronbach Alpha. Dari 50 butir instumen disiplin belajar ternyata yang valid sebanyak 40 butir. Dan 50 butir instrumen kreatifitas belajar yang valid sebanyak 40 butir. Kemudian, dan 30 butir instrumen pemanfaatan sumber belajar yang valid sebanyak 25 butir. Selanjutnya, dari 50 butir instrumen hasil belajar yang valid sebanyak 40 butir. Dari hasil uji reliabilitas untuk instrumen hasil belajar, disiplin belajar, kreatifitas belajar, dan pemanfaatan sumber belajar diperoleh koefisien reliabilitas untuk masing-masing instrumen berturut-turut 0,84, 0,80, 0,78 dan 0,76.Hasil penelitian data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar ry1 = 0,84 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kreatifitas belajar dengan hasil belajar ry2 = 0,79 (3) terdapat hubungan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar ry3 = 0,77 dan (4) terdapat hubungan yang signifikan disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama dengan hasil belajar R = 0,85 dengan persamaan regresi ganda Y = -42,07 + 0,43X1 + 0,05X2 0,17X3. Besar sumbangan efektif disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar masing-masing adalah 47,18%, 7,27% dan 18,5%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar mempunyai kontribusi terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri Kota Binjai. Peneliti menyarankan agar siswa meningkatkan pemanfaatan sumber belajar guna mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan Kepala Sekolah harus lebih proaktif dan memberi peluang kepada guru untuk mengikuti pelatihan Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.5 Sun h
Keywords: Kreativitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 14 Jun 2016 06:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item
View Item