Sunardi (2008) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR, KREATIVITAS BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020345 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. 055020345 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. 55020345 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
4. 055020345 - Bab I.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
5. 055020345 - Bab V.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
6. 055020345 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar (2) untuk mengetahui hubungan antara kreatifitas belajar dengan hasil belajar (3) untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar (4) untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI SMA Negeri Kota Binjai.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Kota Binjai yang berjumlah 1203 orang. Untuk menentukan sampel, digunakan teknik Stratified Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel sebanyak 88 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner skala Likert. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data sebenarnya, terlebih dahulu dilakukan uji coba. Untuk menguji validitas instrumen digunakan korelasi Product Moment. Sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan minus Cronbach Alpha. Dari 50 butir instumen disiplin belajar ternyata yang valid sebanyak 40 butir. Dan 50 butir instrumen kreatifitas belajar yang valid sebanyak 40 butir. Kemudian, dan 30 butir instrumen pemanfaatan sumber belajar yang valid sebanyak 25 butir. Selanjutnya, dari 50 butir instrumen hasil belajar yang valid sebanyak 40 butir. Dari hasil uji reliabilitas untuk instrumen hasil belajar, disiplin belajar, kreatifitas belajar, dan pemanfaatan sumber belajar diperoleh koefisien reliabilitas untuk masing-masing instrumen berturut-turut 0,84, 0,80, 0,78 dan 0,76.Hasil penelitian data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar ry1 = 0,84 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kreatifitas belajar dengan hasil belajar ry2 = 0,79 (3) terdapat hubungan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar ry3 = 0,77 dan (4) terdapat hubungan yang signifikan disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama dengan hasil belajar R = 0,85 dengan persamaan regresi ganda Y = -42,07 + 0,43X1 + 0,05X2 0,17X3. Besar sumbangan efektif disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar masing-masing adalah 47,18%, 7,27% dan 18,5%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa disiplin belajar, kreatifitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar mempunyai kontribusi terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri Kota Binjai. Peneliti menyarankan agar siswa meningkatkan pemanfaatan sumber belajar guna mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan Kepala Sekolah harus lebih proaktif dan memberi peluang kepada guru untuk mengikuti pelatihan Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.5 Sun h |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2510 |