MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KUMON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENJUMLAH DAN MENGURANG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 060796 MEDAN T.A. 2016/2017

Mu’minin, Nurul A’in Fajaril (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KUMON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENJUMLAH DAN MENGURANG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 060796 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
01. COVER NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK  NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI  NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL  NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR DIAGRAM  NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR DIAGRAM NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR GAMBAR  NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR GAMBAR NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
09. BAB I NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
13. BAB V NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menjumlah dan mengurang pecahan di kelas V SD Negeri 060796 Medan Area. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Kumon pada mata pelajaran matematika materi menjumlah dan mengurang pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060796 Medan Area Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes dan lembar observasi. Pada kondisi awal, berdasarkan hasil tes awal (pre test) dari 29 siswa terdapat 2 siswa (6,9%) memiliki kemampuan tinggi dan 27 siswa (93,1%) memiliki kemampuan rendah. Setelah siklus I dilakukan tes akhir (post test) siklus I dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu 25 siswa (86,2%) memiliki kemampuan tinggi dan 4 siswa (13,8%) memiliki kemampuan rendah. Kemudian hasil tersebut belum cukup menggambarkan hasil belajar siswa secara maksimal, maka dilakukanlah siklus II. Di akhir sikus II dilaksakan tes akhir (post test) siklus II dengan hasil 29 siswa (100%) atau seluruh siswa kelas V SD Negeri 060796 Medan Area memiliki kemampuan tinggi. Hasil tersebut menunjukkan paningkatan dari tes awal (pre test) sampai tes akhir (post test) siklus I maupun siklus II yang signifikan. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menjumlah dan mengurang pecahan di kelas V SD Negeri 060796 Medan Area Tahun Ajaran 2016/2017. Sehingga metode Kumon dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 186
Keywords: Hasil belajar; Metode Kumon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jul 2017 10:37
Last Modified: 01 Aug 2017 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item
View Item