Mu’minin, Nurul A’in Fajaril (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KUMON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENJUMLAH DAN MENGURANG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 060796 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
03. ABSTRAK NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07. DAFTAR DIAGRAM NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. BAB V NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NURUL A’IN FAJARIL MU’MININ NIM. 1133111055.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menjumlah dan mengurang pecahan di kelas V SD Negeri 060796 Medan Area. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Kumon pada mata pelajaran matematika materi menjumlah dan mengurang pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060796 Medan Area Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes dan lembar observasi. Pada kondisi awal, berdasarkan hasil tes awal (pre test) dari 29 siswa terdapat 2 siswa (6,9%) memiliki kemampuan tinggi dan 27 siswa (93,1%) memiliki kemampuan rendah. Setelah siklus I dilakukan tes akhir (post test) siklus I dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu 25 siswa (86,2%) memiliki kemampuan tinggi dan 4 siswa (13,8%) memiliki kemampuan rendah. Kemudian hasil tersebut belum cukup menggambarkan hasil belajar siswa secara maksimal, maka dilakukanlah siklus II. Di akhir sikus II dilaksakan tes akhir (post test) siklus II dengan hasil 29 siswa (100%) atau seluruh siswa kelas V SD Negeri 060796 Medan Area memiliki kemampuan tinggi. Hasil tersebut menunjukkan paningkatan dari tes awal (pre test) sampai tes akhir (post test) siklus I maupun siklus II yang signifikan. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menjumlah dan mengurang pecahan di kelas V SD Negeri 060796 Medan Area Tahun Ajaran 2016/2017. Sehingga metode Kumon dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 186 |
Keywords: | Hasil belajar; Metode Kumon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25094 |