Koto, Septi Winda (2017) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
03. ABSTRAK SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
05. DAFTAR ISI SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
13. BAB V SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA SEPTI WINDA KOTO (NIM. 1133313028).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar anak usia 5-6 tahun yang masih rendah dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian post test only control group design. Penelitian ini dilakukan pada semester II dengan menggunakan dua kelas yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dan terpilih kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 27 anak. Variable bebas adalah keterampilan guru dalam mengelola kelas. Sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar anak. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. observasi dilakukan dengan pedoman observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 9,77 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 6 dengan persentasi nilai 62,96% yang berada pada kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 8,22 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 4 dengan persentasi nilai 37,03% berada pada kategori sedang, sehingga motivasi belajar anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,54>1,6924. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 037 |
Keywords: | Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas; Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25089 |