Rahmah, Elya (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS BERCERITA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VA SD NEGERI 104214 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311097_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1133311097_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 1133311097_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1133311097_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1133311097_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1133311097_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133311097_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133311097_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133311097_BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 1133311097_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1133311097_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas bercerita siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas Va SD Negeri 104214 Delitua dengan penerapan model pembelajaran paired story telling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 14214 Deli Tua. dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas Va SD Negeri 104214 Deli Tua yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas bercerita melalui model pembelajaran Paired Story Telling. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Rosmala Dewi.
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil yang terus meningkat dari setiap siklus. Pada siklus I pertemuan 1 dengan presentasi siswa yang termasuk dalam kategori tuntas (16,6 %), siklus I pertemuan 2 (71,05 %), siklus II pertemuan 1 (92,1 % ), dan pada siklus II pertemuan 2 (100%). Berdasarkan hasil observasi, penerapan model pembelajaran paired story telling oleh guru pada siklus I diperoleh hasil 75% dan pada siklus 2 sebesar 90%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 38 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kreativitas bercerita. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Paired Story Telling pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas Va SD Negeri 104214 Deli Tua dapat meningkatkan kreativitas bercerita siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 180 |
Keywords: | Kreativitas Bercerita; Paired Story Telling |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25086 |