Rian (2017) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111016_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1132111016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM. 1132111016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1132111016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM. 1132111016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1132111016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1132111016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1132111016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1132111016_BAB I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 1132111016_BAB V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM. 1132111016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017. Dari tujuan tersebut dapat diketahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Alat pengumpulan data penelitian angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 58 orang siswa SD Negeri 101797 Delitua. Efektivitas komunikasi guru SD Negeri 101797 Delitua, dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 80,97, sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 78,457. Korelasi antara efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017 diperoleh rhitung= 0,331 (nilai interpretasi korelasi rendah) dengan rtabel= 0,2586 pada taraf signifikansi 0,05, disimpulkan rhitung>rtabel atau nilai rhitung lebih besar daripada rtabel, maka efektivitas komunikasi guru memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017. Hasil uji-t diperoleh thitung= 2,629 dengan ttabel= 2,0017 pada taraf signifikansi 0,05, disimpulkan thitung>ttabel, atau thitung lebih besar dari pada ttabel sehingga dapat dikatakan signifikansi efektivitas komunikasi guru mempunyai kontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua, besar kontribusi Efektivitas komunikasi guru sebesar 10,9%. Maka disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017” diterima. Sesuai dengan simpulan di atas maka disarankan guru dalam mengajar lebih memperhatikan caranya dalam berkomunikasi dengan siswanya dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 177 |
Keywords: | Efektivitas komunikasi guru; Hasil belajar siswa; Siswa SD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 11:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25064 |