Putri, Syarah Karina (2017) ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311084 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 2123311084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 2123311084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 2123311084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 2123311084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 2123311084 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 2123311084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 2123311084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
12. NIM. 2123311084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 2123311084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi materi buku ajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dituntut dalam kurikulum 2013. Untuk mengetahui konsistensi materi buku ajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dituntut dalam kurikulum 2013. Untuk mengetahui Kecukupan materi buku ajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dituntut dalam kurikulum 2013. Buku yang dianalisis dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi oleh penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Buku ini dipersiapkan untuk mendukung kebijakan Kurikulum 2013 yang tidak hanya mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di sekolah, tetapi juga menegaskan pentingnya keberadaan bahasa Indonesia sebagai penghela dan pembawa ilmu pengetahuan. Relevansi materi buku ajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dituntut dalam kurikulum 2013 menunjukkan relevansi sebesar 100% dan termasuk kriteria sangat relevan dengan ketentuan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Konsistensi materi buku ajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dituntut dalam kurikulum 2013 menunjukkan konsistensi sebesar 85,71% dan termasuk kriteria sangat konsisten dengan ketentuan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Kecukupan materi buku ajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dituntut dalam kurikulum 2013 menunjukkan kecukupan sebesar 88,89% dan termasuk kriteria sangat cukup dengan ketentuan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Maka dapat disimpulkan bahwa Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X layak untuk digunakan sebagai bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi yang tercantum pada kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 062 |
Keywords: | Analisis buku ajar bahasa indonesia; Relevansi; Konsistensi; Kecukupan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 11:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25062 |