Wahyuni, Nur (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS XI IPS SMA N 15 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3131131204. COVER.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
2. NIM.3131131204. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM.3131131024. PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. NIM.3131131024. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5. NIM.3131131024. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM.3131131024. TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.3131131024. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM.3131131024. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM.3131131024. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM.3131131024. CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM.3131131024. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sumberdaya alamdi kelas XI IPS SMA N 15 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Pebruari. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 94 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang yang terdiri dari kelas XI-IPS 1 dan XI-IPS 3. Kelas diambil dengan menggunakan metode random sampling. Dalam penelitian ini keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikator: ketuntasan belajar secara individual dan klasikal, tingkat penguasaan siswa dan ketuntasan pencapaian indikator. Hasil dari analisis data secara deskriptif, keefektifan model pembelajaran Project Based Learning dalam penelitian ini dapat dilihat dari presentasi tingkat penguasaan siswa yang tergolong tinggi yaitu 87,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kotrol yang dajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pada kelas Project Based Learning dimana diperoleh 1 = 85,62 dengan SD X1 = 6,55. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 1 = 73,18 dengan SD = 8,99. Hasil analisis data menunjukan thitung > ttabel (5,745 > 2,207). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Project Based Learning dengan ceramah. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning pada materi sumberdaya alam di kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 memberikan hasil yang efektif terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 029 |
Keywords: | Efektivitas; Project Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70 Philosophy. Relation to other topics. Methodology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 11:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25058 |