Sinaga, Albert (2007) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KECAMATAN PURBA. Masters thesis, UNIMED.
1. 035020213 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (875kB) | Preview
2. 035020213 abstrak.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
3. 035020213 daftar isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 035020213 bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 035020213 bab V.pdf - Published Version
Download (961kB) | Preview
6. 035020213 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konsiderasi dan model pembelajaran klarifikasi nilai, :(2) mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki gaya kognitif field :independent dan gaya kognitif field dependent, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan Gaya Kognitif dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 orang yang berasal dari 4 kelas VIII (delapan) SMP Negeri 2 Kecamatan Purba. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu ampel penelitian diberikan tes gaya kognitif untuk mernbedakan jenis gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 33 soal saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik desluiptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis Penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang $ebeltimnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) basil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konsiderasi lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran klarifika.si nilai. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 10,76 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76); (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 31,49 > F tabel=3,12 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 6,16 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan α= 0,05 dengan dk = ( 1,76).Semoga hasil penelitian ini dapat bennanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sin p |
Keywords: | Gaya Kognitif; Hasil Belajar PKn |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LA History of education > LA410 Other regions or countries L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2503 |