Simbolon, Erlianti (2017) UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN BERMAIN KOLASE. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
03 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
06 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
10 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
11 NIM. 1103313026 ERLIANTI SIMBOLON - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : mengetahui pengembangan kecerdasan visual spasial anak usia 5 – 6 tahun di TK. Cahaya Bangsa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 melalui bermain kolase. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam pengembangan kecerdasan visual spasial. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakann Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peniliti dan guru TK. Subjek yang digunakan adalah anak TK Cahaya Bangsa Medan yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 13 anak perempuan dan 7 anak laki – laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi. Teknik analisis data mengunakan deskriptif kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak – anak di TK Cahaya Bangsa Medan. Pengembangan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan. Pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada siklus I, dengan nilai 2,5 % terdapat 0 orang anak (0%) tergolong sangat baik kecerdasan visual spasialnya, 2 orang anak (10%) tergolong baik, 17 orang anak ( 85%) tergolong cukup, dan 1 orang anak (40%) tergolong kurang kecerdasan visual spasialnya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II melalui terdapat 9 orang anak (45%) tergolong sangat baik kecerdasan visual spasialnya, 11 orang anak (55%) tergolong baik, 0 orang anak (0%) tergolong cukup, dan 0 orang anak (0%) yang tergolong kurang kecerdasaan visual spasialnya. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui kegiatan bermain kolase, yaitu menempel objek yang mereka sukai dari media yang sediakan, membuat kolase dengan bahan – bahan dan pola yang berbeda, seperti bahan kertas origami, daun mangga, dengan pola mobil-mobilan, rumah dan lain – lain.dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 069 |
Keywords: | Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial; Bermain Kolase |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25017 |