Hutabarat, Reinhard (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X SEMESTER II SMK N I LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123131038 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 5123131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. 5123131038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. 5123131038 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5. 5123131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. 5123131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7. 5123131038 TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. 5123131038 GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 5123131038 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
10. 5123131038 BAB I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. 5123131038 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
15. 5123131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X semester II SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TIPTL A dengan jumlah 35 orang, dan kelas X TIPTL B yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa pada Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Tes ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terdiri dari 4 jawaban. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel 2,630 > 1,668 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X semester II di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 040 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Think talk write; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 11:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24991 |