Ginting, Karel Immanuel (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDARD NASIONAL PENDIDIKAN BIDANG SARANA DAN PRASARANA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM STUDI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM_ 5123111027 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM_ 5123111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM_ 5123111027 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM_ 5123111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM_ 5123111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6 NIM_ 5123111027 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 5123111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM_ 5123111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13 NIM_ 5123111027 BIBLIOGRAPHI .pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi kebijakan standard nasional
pendidikan bidang sarana dan prasarana pada mata pelajaran produktif keahlian teknik
gambar bangunan di SMK Negeri 1 Balige, Melalui : (1) Mendeskipsikan proses komunikasi
dalam implementasi kebijakan standard nasional pendidikan bidang sarana dan prasarana
pada mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Balige; (2)
Mendeskripsikan kesiapan sumber daya dalam implementasi kebijakan standard nasional
pendidikan bidang sarana dan prasarana pada mata pelajaran produktif keahlian teknik
gambar bangunan di SMK Negeri 1 Balige; (3) Mendeskripsikan proses disposisi dalam
implementasi kebijakan standard nasional pendidikan bidang sarana dan prasarana pada mata
pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Balige; dan (4)
Mendeskripsikan faktor struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan standard nasional
pendidikan bidang sarana dan prasarana pada mata pelajaran produktif keahlian teknik
gambar bangunan di SMK Negeri 1 Balige. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Negeri 1
Balige. Subjek penelitian ditentukan dengan memilih orang yang dianggap mengetahui
informasi tentang kebijakan dengan informan Pengawas Sekolah SMK, Kepala Sekolah,
Waka Sarpras, Kepala Bengkel, Kepala Prodi dan Guru SMK Negeri 1 Balige. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi dan observasi yang
mengacu pada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) proses
komunikasi pada implementasi kebijakan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun; (2) pada
ketersediaan sumber daya, jumlah sumber daya dalam implementasi kebijakan ini sudah
mencukupi, namun dalam bagian dana masih agak riskan; (3) pada proses disposisi, semua
pihak yang terlibat pada implementasi kebijakan ini memiliki komitmen dan mendukung
implementasi kebijakan standard nasional pendidikan bidang sarana dan prasarana; (4) pada
faktor struktur birokrasi, hanya mengacu pada permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 dan
buku kerja. implementasi kebijakan standard nasional pendidikan bidang sarana dan
prasarana pada mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1
Balige masih memiliki hambatan sehingga perlu adanya penyempurnaan melalui
penambahan dana, pengecekan dan tersedianya SOP yang mendukung implementasi
kebijakan; (5) pada kelengkapan standard sarana dan prasarana di SMK negeri 1 balige
program studi teknik gambar bangunan dinilai sudah memenuhi peraturan yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 037 |
Keywords: | KEBIJAKAN PENDIDIKAN, STANDARD PENDIDIKAN NASIONAL, SMK NEGERI 1 BALIGE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 15:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24968 |