MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING STRATEGI LEARNING TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017

Simbolon, Evivolaida (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING STRATEGI LEARNING TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133111024_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133111024_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133111024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133111024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133111024_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133111024_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133111024_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133111024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133111024_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133111024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133111024_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133111024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133111024_DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133111024_DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133111024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133111024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133111024_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133111024_BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133111024_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133111024_BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133111024_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133111024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa terkhusus pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model active learning strategi learning tournament aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian dilaksanakan di SDN 101771 Tembung TA 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SD dengan jumlah siswa 30 orang dan objeknya adalah adalah model active learning strategi learning tournament. Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang di peroleh peneliti, kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 36,07%, pada siklus I pertemuan II termasuk kategori rendah yaitu sebesar 40,03%, kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pertemuan I termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 71,30%, dan kategori aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 80,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model active learning strategi learning tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 175
Keywords: Aktivitas belajar; Active learning; Learning tournament
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jul 2017 15:46
Last Modified: 21 Jul 2017 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24930

Actions (login required)

View Item
View Item