Simbolon, Evivolaida (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING STRATEGI LEARNING TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111024_COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1133111024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 1133111024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 1133111024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1133111024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1133111024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 1133111024_DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133111024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 1133111024_BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 1133111024_BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM. 1133111024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa terkhusus pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model active learning strategi learning tournament aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian dilaksanakan di SDN 101771 Tembung TA 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SD dengan jumlah siswa 30 orang dan objeknya adalah adalah model active learning strategi learning tournament. Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang di peroleh peneliti, kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 36,07%, pada siklus I pertemuan II termasuk kategori rendah yaitu sebesar 40,03%, kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pertemuan I termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 71,30%, dan kategori aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 80,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model active learning strategi learning tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 175 |
Keywords: | Aktivitas belajar; Active learning; Learning tournament |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 15:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2017 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24930 |