MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIRS KELAS V SD NEGERI 101801 DELI TUA TAHUN AJARAN 2016/2017

Lubis, Nilfa Dilla (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIRS KELAS V SD NEGERI 101801 DELI TUA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
01. COVER NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR GAMBAR NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR GAMBAR NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR TABEL NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR TABEL NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR GRAFIK NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR GRAFIK NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 09. DAFTAR LAMPIRAN NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
09. DAFTAR LAMPIRAN NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I  NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf]
Preview
Text
10. BAB I NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022).pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022.pdf]
Preview
Text
14. BAB V NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA NILFA DILLA LUBIS (NIM.1131111022.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101801 Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada materi gaya magnet yang dilakukan siswa sebanyak 3 kali yaitu pre test, siklus I, siklus II dan lembar observasi digunakan untuk menilai yang dilakukan oleh peneliti. Hasil perolehan dari 32 orang siswa, pada saat pre test sebanyak 8 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 25% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 24 orang siswa dengan persentase sebesar 75% dengan nilai rata-rata klasikal siswa yaitu sebesar 52.65. Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus I dengan menggunakan model Practice Rehearsal Pairs adanya peningkatan sebanyak 19 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase sebesar 59.38% dan 13 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 40.62%, nilai rata-rata klasikal sebesar 67.81. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi belum mencapai nilai ketuntasan dalam belajar oleh karena itu perlu dilakukan upaya perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dapat dilihat peningkatan sebanyak 27 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 84.38% dan 5 siswa tidak tuntas dengan persentase 15.62%, dan dengan nilai rata-rata 79.84 sehingga tidak perlu adanya siklus III. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan materi pokok gaya magnet kelas V SD Negeri 101801 Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 174
Keywords: Hasil Belajar; practice rehearsal pairs
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jul 2017 14:46
Last Modified: 20 Jul 2017 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item
View Item