Wanti, Dwi Putri Mardina (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 115479 AEK TAPA KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
03. ABSTRAK DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
05 DAFTAR ISI DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
09. BAB I DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. BAB V DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA DWI PUTRI MARDINA WANTI (NIM.1131111009).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 115479 Aek Tapa pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sampel atau responden sebanyak 30 orang siswa dimana mereka berasal dari satu kelas yang sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua instrumen yakni, instrumen motivasi belajar yang terdiri dari 4 (empat) aspek (ulet, tekun, mandiri dan pencari informasi) dan instrumen disiplin diri yang terdiri dari 2 (dua) aspek (disiplin diri di sekolah dan disiplin diri di rumah). Setelah melakukan pengujian instrumen dan hasilnya dinyatakan layak untuk digunakan, langkah selanjutnya adalah mengambil data motivasi belajar dan disiplin diri berdasarkan hasil angket, dan hasil belajar diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa pada semester sebelumnya yang terdiri dari 5 mata pelajaran (Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, dan Bahasa Indonesia). Dari hasil penelitian yang diperoleh dilakukan uji prasyarat, yakni uji normalitas, uji homogenitas pada setiap variabel X1 (motivasi belajar), X2 (disiplin diri) dan Y (hasil belajar). Hasil análisis disimpulkan bawah ketiga variabel berasal dari data yang berdistribusi normal, dan uji homogenitas menyatakan bahwa ketiga variabel berasal dari data yang homogen.Berdasarkan hasil analisis regresi tunggal dan analisis korelasi diperoleh hasil belajar dipengaruhi oleh faktor motivasi sebesar 59,96% lebih kuat daripada faktor disiplin diri yang hanya 59,22%. Analisis tersebut dilakukan untuk mendukung hasil analisis regresi ganda dengan persamaan regresi = 20,403 + 0,367X1 + 0,389X2. Persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar dan disiplin diri mempengaruhi secara positif terhadap hasil belajar. Walaupun demikian untuk mendukung hasil tersebut perlu dilakukan uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji F, dan uji-t. Bedasarkan hasil uji yang diperoleh dapat disimpulkan bawah motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dapat mempengaruhi hasil belajar sebesar 70,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 173 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Disiplin Diri; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:46 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24923 |