Alihar, Andi Dahri (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
02. LEMBAR PENGESAHAN ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
03. ABSTRAK ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. BAB V ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ANDI DAHRI ALIHAR. NIM.1132111029.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pada materi mendeskripsikan perjuangan tokoh bangsa melawan penjajah Belanda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada pelajaran IPS pada materi mendeskripsikan perjuangan tokoh bangsa melawan penjajah Belanda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Dalam setiap pertemuan terdiri atas 4 tahapan yaitu, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pra siklus (pre test), jumlah nilai rata-rata kelas adalah 58,18 dan siswa yang memenuhi nilai KKM ada 6 siswa atau sebesar 27,27% dari total jumlah siswa (22 siswa). Pada tindakan siklus 1, diketahui bahwa jumlah nilai rata-rata kelas adalah 70,23 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 14 siswa atau mencapai 63,64% dari total jumlah siswa (22 siswa). Pada tindakan siklus 2, diketahui bahwa jumlah nilai rata-rata kelas adalah 81,20 dan siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 20 siswa atau mencapai 90,91% dari total jumlah siswa (29 siswa). Dari hasil temuan yang didapat oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa “Dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pada materi Perjuangan tokoh bangsa melawan penjajah Belanda kelas V SD Negeri 101767 Tembung”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 172 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:45 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24921 |