PERANAN PENGAWAS DALAM PEMBINAAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI KABUPATEN SIMALUNGUN)

Sinaga, Jatiar (2007) PERANAN PENGAWAS DALAM PEMBINAAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI KABUPATEN SIMALUNGUN). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 026030151 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 026030151 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 2. 026030151 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 026030151 Abstrak.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 3. 026030151 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 026030151 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. 026030151 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 026030151 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 026030151 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 026030151 Bab V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. 026030151 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 026030151 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena didasarkan kepada maksud ingin mengungkapkan peran pengawas dalam pembinaan guru Sekolah Menengah Panama (SMP) Negeri di Kabupaten Simalungun. Untuk memperoleh data dan informasi dalam menjawab permasalahan dalam tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen.Dalam menganalisis data yang dikumpulkan dari lokasi penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman (1984), dengan langkah; reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.Temuan penelitian ini ada empat, yaitu : (1) Pelaksanaan tugas pokok pengawas telah disusun secara terprogram oleh koordinator kelompok kerja pengawas (KKP) Dinas pendidikan Kabupaten Simalungun setiap tahun pelajaran. Pelaksanaan di lapangan meliputi pembinaan administrasi sekolah, pengembangan kurikulum, perbaikan administrasi pengajaran, pembinaan program kepala sekolah dan pembinaan profesional guru sesuai kode etik para pengawas, (2) Aktivitas pengawas dalam pembinaan guru dilakukan melalui kunjungan kelas/supervisi klinis yang tujuannya mencari hambatan dalam pembelajaran kemudian memberikan masukan kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam administrasi pengajaran dan keterampilan mengajar. Selain itu, pengawas mengadakan pertemuan kelompok guru melalui MGMP untuk membina keprofesionalan guru dan memberikan informasi bare mengenal kebijakan pendidikan nasional atau di Kabupaten Simalungun, (3) pendukung pelaksanaan tugas pengawas ialah hubungan organisatoris dengan kepala dinas pendidikan dan pengajaran, pertemuan setiap han senin dan jumat merupakan faktor pendukung dalam mengetahui masalah yang dihadapi dan keputusan bersama dalam mengatasi hambatan dalam bidang kepengawasan di SMP Negeri Simalungun, (4) Hambatan dalam melaksanakan tugas pembinaan guru oleh pengawas ada yang bersumber dad pengawas baik menyangkut informasi terbaru, dana, geografis, maupun dari segi guru yaitu status sosial, buku dan alat pembelajaran, serta temuan yang tidak ditindakianjuti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.202 068 3 Sin p
Keywords: Pengawas; Pendidikan; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 Jun 2016 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item
View Item