Akbar, Rizky Fauzan (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG TIRAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2133311060 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2133311060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM. 2133311060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 2133311060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 2133311060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM. 2133311060 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 2133311060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 2133311060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
12. NIM. 2133311060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM. 2133311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi kompleks menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Tiram tahun pembelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang dari 218 populasi yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam kemampuan mengidentifikasi struktur teks eksplanasi kompleks siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 62.63, tergolong ke dalam kategori cukup, dan kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 61.39, tergolong ke dalam kategori cukup. Lalu post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 76.84, tergolong ke dalam kategori baik, dan kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 76.97, tergolong ke dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis kemampuan mengidentifikasi struktur t_0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6.34 ˃ 2.02, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kemudian pengujian hipotesis kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan t_0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7.79 ˃ 2.02, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Think Talk Write; Struktur Teks; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24915 |