Aruan, Mei Anggriani (2017) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311024 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 2133311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM 2133311024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2133311024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 2133311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 2133311024 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2133311024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2133311024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 2133311024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. NIM 2133311024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 2133311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan mengetahui hasil analisis dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kajian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, (1) Apakah penyusunan RPP berdasarkan Permendikbud No 22 tahun 2016 dan Kurikulum 2013 Revisi (2) bagaimana hasil analisis kesesuaian komponen isi RPP berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Permasalahan tersebut diteliti diSMAN 7 Medan.Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 9 RPP guru Bahasa Indonesia dengan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif.Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, tabel kelengkapan komponen, sistematika penyusunan komponen RPP dan Pedoman Penelahaan RPP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponenRPP yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7Medan berdasarkan kelengkapan komponen dan sistematika penyusunan komponen RPP, yaitu. Kelas X berskor (80,87) kategori sesuai namun penyusunan RPP belum berdasarkan pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 melainkan Permendikbud No. 103 Tahun 2014, guru kelas XI berskor (90,90) kategori sangat sesuai dan RPP guru kelas XII berskor (98,86) kategori sangat sesuainamun RPP kelas XI dan XII penyusunan RPP masih berdasarkan pada Permendikbud No. 103 Tahun 2014. Hal tersebut dilihat dari kelengkapan komponen dan sistematika penyusunan RPP dimana komponen yang tidak lengkap diantaranya, materi pokok, tujuan pembelajaran dan sistematika penyusunan komponen yang tidak sesuai adalah materi pokok, tujuan pembelajaran, Indikator, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran. Berdasarkan analisis kesesuaian KD yang tertera pada RPP guru dapat disimpulkan bahwa RPP kelas X sudah berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi, RPP kelas XI dan XII masih berdasarkan Kurikulum 2013.Hasil analisis isi RPP berdasarkan tabel Pedoman Penelahaan RPP maka diperoleh hasil analisis RPP guru kelas X berada pada nilai (64,44%) kategori cukup sesuai Kurikulum 2013 Revisi, kelas XI (78,2%) dan kelas XII (84,51%) kedua RPP berada pada kategori sesuai terhadap kurikulum 2013. Melalui penelitian ini harapannya semua guruBahasa Indonesia pada umumnya dan guruBahasa Indonesia diSMAN 7 Medan khususnya dapat belajar dari hasil penelitian RPP Kurikulum 2013 Revisi ini. Agar di kemudian hari, guru semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 057 |
Keywords: | RPP; Kurikulum 2013; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24911 |