Rahmawati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR BUSANA INDUSTRI DI SMK NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8126122037 - COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2 NIM. 8126122037 - PENGESAHAN + PERSETUJUAN + PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3 NIM. 8126122037 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4 NIM. 8126122037 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5 NIM. 8126122037 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6 NIM. 8126122037 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7 NIM. 8126122037 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8 NIM. 8126122037 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9 NIM. 8126122037 - BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13 NIM. 8126122037 - BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14 NIM. 8126122037 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui: (1) pengaruh hasil belajar busana industri siswa kelas model pembelajaran STAD lebih tinggi dibanding model pembelajaran Jigsaw; (2) hasil belajar busana industri siswa kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibanding kemampuan berpikir kritis rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar busana industri. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8
Medan berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling dan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 32 dan 36 siswa. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan analisis data menggunakan Anava Faktorial 2 × 2. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen observasi hasil belajar busana industri dilakukan dengan uji kesepakatan 3 pengamat dengan Fhitung < Ftabel = 0,579 < 3,07. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis diperoleh 41 butir valid dari 50 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,959. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) pengaruh hasil belajar busana industri siswa kelas model pembelajaran STAD lebih tinggi dibanding siswa kelas model pembelajaran Jigsaw dengan Fhitung > Ftabel (4,593 > 3,96); (2) pengaruh hasil belajar busana industri siswa kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibanding kemampuan berpikir kritis rendah dengan Fhitung > Ftabel (8,582 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar busana industri dengan Fhitung > Ftabel (5,904 > 3,96).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.5 Rah p |
Keywords: | Model pembelajaran; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar busana industri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 08:45 |
Last Modified: | 18 Jul 2017 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24897 |