Lubis, Abdul Basid (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MODUL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020370 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. 055020370 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. 055020370 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
4. 055020370 - Bab I.pdf - Published Version
Download (941kB) | Preview
5. 055020370 - Bab V.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
6. 055020370 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Komputer mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran modul dengan urutan penyajian Latihan Uraian Contoh (LUC) dan strategi pembelajaran modul dengan urutan penyajian Uraian Contoh Latihan (UCL), (2) hasil belajar Komputer antara mahasiswa dengan tingkat minat belajar tinggi dan minat belajar rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran modul dan minat belajar terhadap hasil belajar Komputer.Populasi penelitian adalah mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika (PMM) yang berjumlah 4 kelas sebanyak 160 orang dan sampel penelitian berdasarkan cluster random sampling kelas PMM-2 (40 mahasiswa) menggunakan strategi LUC sebagai kelas perlakuan, dan kelas PMM-3 (40 mahasiswa) menggunakan strategi UCL sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar komputer dan kuesioner untuk mengetahui tingkat minat belajar. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data Anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar Komputer mahasiswa yang diajar denganstrategi pembelajaran modul dengan LUC I= 28,2 lebih tinggi daripada UCL I= 27,05, Fhitung = 29,57 > Ftabei = 3,968, (2) rata-rata basil belajar Komputer mahasiswadengan minat belajar tinggi I= 29,91 lebih tinggi daripada basil belajar Komputermahasiswa dengan minat belajar rendah I= 25,94, Finning = 4,43 > Futhei = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap basil belajar Komputer dengan Fhitung = 7,18 > Ftabe = 3,968.Hasil analisis data adalah mahasiswa dengan minat belajar tinggi, strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah LUC dan mahasiswa dengan minat belajar rendah, strategi pembelajaran yang digunakan adalah UCL. Implikasinya adalah penerapan strategi pembelajaran LUC dan UCL harus disesuaikan dengan tinggi dan rendahnya tingkat minat belajar mahasiswa. Diharapkan kepada Fakultas Tarbiyah agar memperbaharui kurikulum dan strategi pembelajaran. Kepada Staf pengajar yang mengapilasikan strategi pembelajaran dengan modul harus memperhatikan karakteristik minat belajar mahasiswa. Diharapkan kepada peneliti lainnya untuk melakukan penelitian yang lebih dalam tentang penggunaan modul dalam strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.17 Lub p |
Keywords: | Minat Belajar; Hasil Belajar; Komputer |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2488 |