Simanjuntak, Febriyanti Br. (2017) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA SWASTA ANGKASA 1 LANUD MEDAN T.A 2016/2107. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7133341091_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM .7133341091_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3.NIM.7133341091_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4.NIM.7133341091_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
5.NIM.7133341091_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
6.NIM.7133341091_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.NIM.7133341091_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM.7133341091_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9.NIM.7133341091_BAB I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13.NIM.7133341091_BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14.NIM.7133341091_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan disiplin belajar dan lingkungan belajar siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan T.A 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan lingkungan belajar siswa kelas X IIS SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Agkasa 1 Lanud Medan. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IIS SMA Swasta Angkasa Lanud Medan sebanyak 91 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan total unit populasi yakni sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan r_hitung > r_tabel yaitu 0,418 > 0,206 nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 dan tergolong dalam kategori sedang. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas X IIS SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan tergolong kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3.04484. (2) Ada hubungan yang positif dan signfikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan r_hitung > r_tabel 0,720 > 0,206 nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas X IIS SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan T.A 2016/2017 tergolong baik dengan rata-rata skor sebesar 2.90769. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan T.A 2016/2017 dengan nilai R yaitu 0,423 atau 42,3 %. Serta nilai F_(hitung )> F_tabel (32,255 > 3,10) dan nilai sig 0.000<0.05 dan tergolong dalam kategori kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa (42,3 %) memiliki prestasi belajar ekonomi kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 021 |
Keywords: | Disiplin belajar; Lingkungan belajar; Prestasi belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 15:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24870 |